Dosen FEB Telkom University Hadir dalam Pelatihan Branding Strategy Desa Sugihmukti

Dosen FEB Telkom University Hadir dalam Pelatihan Branding Strategy Desa Sugihmukti

Sejumlah dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University telah melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan dan Pendampingan Strategi Branding di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam mengelola dan mengembangkan potensi wisata di Desa Sugihmukti. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendukung pengembangan Desa Sugihmukti, melalui pelatihan strategi branding sehingga nama Desa Wisata Sugihmukti dapat lebih dikenal oleh calon wisatawan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian masyrakat  tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Telkom University dengan mitra sasaran yaitu Perangkat Desa Sugihmukti, Pengurus Desa Wisata, dan Masyarakat Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Tim dosen yang terlibat dalam pelatihan ini adalah Heppy Millanyani, S.Sos., M.M., Ph.D dan Dr. Riski Taufik Hidayah, S.E., M.M. yang  merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Telkom University. Dalam kegiatan ini tim dosen juga melibatkan mahasiswa FEB Telkom University yakni Fathimatuzzahra, Julisan Wahid Syamsu, Patricia Mauren Salsalina P., dan Muhamad Rafli Pasha Nazmudin.

Pelatihan ini berlangsung selama satu hari penuh, dimulai dengan pendampingan dalam penciptaan dan penguatan ulasan di Google Maps untuk Desa Sugihmukti. Hal ini dilakukan karena rekomendasi dari pengunjung sebelumnya memainkan peran yang cukup penting dalam keputusan calon pengunjung untuk mengunjungi suatu destinasi wisata. Selain itu, pendampingan kedua melibatkan penyelenggaraan program live dengan akun lain yang memiliki target konsumen yang serupa dengan Desa Wisata Sugihmukti. Langkah selanjutnya adalah melakukan upaya identifikasi sekolah-sekolah yang memiliki profil sesuai dengan target pasar Desa Wisata Sugihmukti. Setelah itu, kami menghubungi sekolah-sekolah yang sesuai dan mengajak mereka untuk menyelenggarakan program live di Instagram.

H. Ruswan, Kepala Desa Sugihmukti, menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini dan berharap Desa Wisata Sugihmukti dapat lebih dikenal oleh calon wisatawan. Harapannya adalah peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat. “Kami berharap bahwa melalui penerapan strategi yang tepat, para Perangkat Desa Sugihmukti, Pengurus Desa Wisata, dan Masyarakat Desa Sugihmukti dapat bersama-sama mendorong Desa Sugihmukti menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang,” ujar H. Ruswan.

Heppy Millanyani sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini berharap bahwa hasil dari pelatihan ini akan segera terlihat, dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sugihmukti. Desa ini memiliki potensi besar, dan kami yakin bahwa dengan strategi branding yang tepat, nama Desa Wisata Sugihmukti akan semakin dikenal luas oleh calon wisatawan. Dengan demikian, Desa Sugihmukti dapat menjadi destinasi wisata yang berkembang dan diminati oleh banyak orang.